Yusuf, Eri (2024) PENERAPAN METODE DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACAAN SALAT PESERTA DIDIK DI SDN 083 PIDOLI. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of ERI YUSUF_18010047_ COVER BAB I.pdf] Text
ERI YUSUF_18010047_ COVER BAB I.pdf - Published Version

Download (600kB)
[thumbnail of ERI YUSUF _18010047_BAB II-IV.pdf] Text
ERI YUSUF _18010047_BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of ERI YUSUF_18010047_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
ERI YUSUF_18010047_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB)

Abstract

Direct Instruction, atau pembelajaran langsung, adalah pendekatan
pengajaran yang menekankan pada struktur dan urutan yang jelas dalam proses pembelajaran. Dalam model ini, guru memainkan peran sentral sebagai penyaji materi melalui metode demonstrasi atau ceramah. Pendekatan ini menekankan pada pengarahan aktif oleh guru, di mana guru memberikan instruksi dan pengarahan langsung kepada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode Direct Instruction dalam meningkatkan pemahaman bacaan salat peserta didik di SDN 083 Pidoli Apakah faktor pendukung dalam penerapan metode Direct Instructionterhadap bacaan salat peserta didik di SDN 083 Pidoli. Apakah faktor penghambat dalam penerapan metode Direct Instruction terhadap bacaan salat peserta didik di SDN 083 Pidoli Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) denganpendekatan induktif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode Direct Instruction di SDN 083 Pidoli terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman bacaan salat siswa. Metode ini dirancang dengan pendekatan terstruktur yang memungkinkan evaluasi sistematis melalui tes lisan, tertulis, dan observasi langsung. Selain meningkatkan kemampuan hafalan, metode ini memperkuat pemahaman makna dan aplikasi praktis bacaan salat. Kejelasan pengajaran, penggunaan media audio, serta suasana kelas yang kondusif menjadi faktor utama keberhasilan. Dukungan dari kepala sekolah, kolaborasi antar guru, serta keterlibatan aktif siswa juga berkontribusi besar. Namun, tantangan seperti keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan siswa, masalah fasilitas, dan dukungan orang tua yang tidak konsisten menjadi hambatan. Untuk mengatasi hal ini, sekolah berkomitmen melakukan penyesuaian jadwal, pendekatan diferensiasi, perbaikan fasilitas, dan meningkatkan komunikasi dengan orang tua, guna memastikan efektivitas metode ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Direct Instruction; Pemahaman Bacaan Salat
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 19 Nov 2025 08:23
Last Modified: 19 Nov 2025 08:23
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item
View Item