AISYAH, SITI AULIA (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PLATFORM EDUKASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI MAN 1 MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.
SITI AULIA AISYAH_20120033_MPI_ COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (934kB)
SITI AULIA AISYAH_20120033_MPI_ BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (689kB) | Request a copy
SITI AULIA AISYAH_20120033_MPI_ BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (234kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas dalam proses pembelajaran menggunakan platform edukasi digital yang merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kelancaran dan keberlangsungan proses pembelajaran karena efektivitas pembelajaran adalah salah satu standar mutu pendidikan yang harus dilakukan dalam mengelola proses pembelajaran. Efektivitas dari suatu proses pembelajaran dapat dilihat melalui kegiatan dan aktivitas peserta didik selama suatu proses pembelajaran berlangsung dalam penguasaan materi belajar yang dilakukan oleh peserta didik di kelas, melihat sejauh mana perkembangan peserta didik dan respon peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Mandailing Natal yang berlokasi di dalan lidang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian non equivalent control grup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan cara menentukan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teori gay dan airasian, jumlah sampel yang digunakan dalam jenis penelitian eksperimental adalah 30 orang per setiap kelompok. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dan satu kelas digunakan sebagai kelas kontrol. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 Peserta didik dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 peserta didik. Hasil penelitian diperoleh dari hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di Kelas XI IPS 1 dengan menggunakan platform edukasi digital mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata pretest 39,17 dengan nilai rata rata posttest 81,11. Kelas XI IPS 2 dengan menggunakan metode pembelajaran langsung pada saat pretest memperoleh hasil dengan nilai rata-rata 31,94 sedangkan pada saat posttest di kelas kontrol rata-rata yang diperoleh adalah 54,86, Dilihat dari hasil nilai rata-rata pada saat pretest dan posttest menggunakan platform edukasi digital dalam pembelajaran cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI MAN 1 Mandailing Natal.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Kurikulum Merdeka; Platform Edukasi Digital |
| Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Media Pembelajaran |
| Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 04:28 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 04:28 |
| URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/607 |
