Murni, Ninik (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah STAIN Mandailing Natal). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of LENI MARIANI_19030026_PIAUD_COVER - BAB I.pdf] Text
LENI MARIANI_19030026_PIAUD_COVER - BAB I.pdf - Published Version

Download (675kB)
[thumbnail of LENI MARIANI_19030026_PIAUD_BAB II - IV.pdf] Text
LENI MARIANI_19030026_PIAUD_BAB II - IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (748kB) | Request a copy
[thumbnail of LENI MARIANI_19030026_PIAUD_BAB V.pdf] Text
LENI MARIANI_19030026_PIAUD_BAB V.pdf - Published Version

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh mahasiswa jurusan perbankan syariah STAIN Mandailing Natal. Tujuannya untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya minat mahasiswa menabung di bank syariah. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu lokasi dan promosi, sedangkan variabel dependennya adalah minat mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif. Sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket langsung ke mahasiswa jurusan perbankan syariah sebanyak 66 responden. Metode statistik dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan pengujian hipotesis yaitu uji parsial ( uji t ) , uji simultan ( uji f ) dan uji determinasi (R2) dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian analisis data menggunakan uji T terlihat bahwa t hitung koefisien lokasi adalah 2.418. Sedangkan t tabel bisa dihitung pada tabel t-test, dengan α = 0,05 dan df = 64 didapat t tabel adalah 1.998. Variabel lokasi (X1) memiliki p-value 0,018 < 0,05 artinya siginifikan, sedangkan t hitung > t tabel (2.418 > 1.998), maka dapat disimpulkan bahwa variabel lokasi berpengaruh
signifikan terhadap variabel minat menabung secara parsial. Variabel Promosi (X2) terlihat bahwa t hitung koefisien promosi adalah 2.705. Sedangkan t tabel bisa dihitung pada tabel t-test, dengan α =0,05 dan df = 64 didapat t tabel adalah 1.998. Variabel promosi memiliki p-value 0,009 < 0,05 artinya signifikan,sedangkan t hitung > t tabel (2.705 > 1.998), maka dapat disimpulkan bahwa variabel promosi berpengaruh siginifikan terhadap variabel minat menabung secara parsial. Hasil yang didapat dalam uji F lokasi (X1) dan promosi (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lokasi; Promosi; Minat Menabung
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 29 May 2024 03:23
Last Modified: 29 May 2024 03:25
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/6

Actions (login required)

View Item
View Item