Kholilah, Nur (2023) STRATEGI GURU TERHADAP ANAK SPEECH DELAY (STUDI KASUS) DI RAUDHATUL ATHFAL TADIKA ADNANI PANYABUNGAN. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of NUR KHOLILAH_19030045_PIAUD_COVER-BAB I.pdf] Text
NUR KHOLILAH_19030045_PIAUD_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (716kB)
[thumbnail of NUR KHOLILAH_19030045_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf] Text
NUR KHOLILAH_19030045_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of NUR KHOLILAH_19030045_PIAUD_BAB V.pdf] Text
NUR KHOLILAH_19030045_PIAUD_BAB V.pdf - Published Version

Download (490kB)

Abstract

Speech delay merupakan gangguan perkembangan berbicara pada seseorang. Permasalah pada penelitian ini adalah ada beberapa peserta didik yang mengalami gangguan berbicara seperti speech delay. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kondisi berbicara pada peserta didik yang mengalami gangguan speech delay dan strategi apa yang digunakan guru untuk menghadapi peserta didik yang speech delay. Penelitian ini dilakukan di RA Tadika Adnani pada tahun ajaran 2022/2023 pada semester genap. Peneltiti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan subyek penelitian yaitu guru peserta didik di RA Tadika Adnani. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa keadaan berbicara peserta didik di RA Tadika Adnani masih tergolong kurang mampu karena pada saat peserta didik berbicara sering menggunakan kata yang berulang, pengucapan yang tidak jelas dan berbicara dengan kaku dan gagap serta kosa kata yang terbatas. Penanganan yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi peserta didik speech delay yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung. Dimana didalam strategi pembelajaran langsung terdapat cara seperti membimbing dan mengarahkan peserta didik speech delay, memberikan perhatian lebih, mengajak peserta didik bermain dan berkomunikasi serta bercerita. Adanya strategi yang dilakukan oleh guru, peserta didik mengalami beberapa perubahan pada kemampuan berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi guru dan speech delay.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:13
Last Modified: 14 Nov 2024 03:13
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item
View Item