Matondang, Devi Saputri (2023) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF RUMAH ANGKA UNTUK PENGENALAN ANGKA PADA ANAK USIA DINI DI RA TADIKA ADNANI. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of DEVI SAPUTRI MATONDANG_19030011_PIAUD_COVER-BAB I.pdf] Text
DEVI SAPUTRI MATONDANG_19030011_PIAUD_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (991kB)
[thumbnail of DEVI SAPUTRI MATONDANG_19030011_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf] Text
DEVI SAPUTRI MATONDANG_19030011_PIAUD_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DEVI SAPUTRI MATONDANG_19030011_PIAUD_BAB V.pdf] Text
DEVI SAPUTRI MATONDANG_19030011_PIAUD_BAB V.pdf - Published Version

Download (470kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengenal angka yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran di RA Tadika Adnani. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Alat Permainan Edukatif rumah angka, memahami karakteristik, menguji ke praktisan, memastikan keefektifan dan menggambarkan apa saja kesulitan yang dialami peserta didik dan pendidik dalam menggunakan Alat Permainan Edukatif rumah angka. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Data yang terkumpul pada penelitian ini menggunakan data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil instrument angket validator, peserta didik dan pendidik. Hasil pengembangan yang didapatkan dari penelitian ini dinyatakan valid yang dapat dilihat dari nilai instrument angket. Penilaian oleh ahli materi mendapat nilai persentase 91% dinyatakan sangat valid. Penilaian oleh ahli media mendapat nilai persentase 80% dinyatakan valid. Penilaian angket respon guru mendapat nilai persentase 95% dinyatakan sangat valid dan penilaian angket respon peserta didik mendapat nilai persentase 100% dinyatakan sangat valid. Berdasarkan penilaian yang didapatkan, maka dinyatakan bahwa pengembangan Alat Permainan Edukatif rumah angka valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran mengenal angka pada Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif; Pengenalan Angka; Rumah Angka; Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:14
Last Modified: 26 Sep 2024 03:14
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item
View Item