Lubis, Willy Akmansyah (2024) PENGEMBANGAN E-KOMIK MELALUI FLIPBUILDER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.
WILLY AKMANSYAH LUBIS_20010064_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
WILLY AKMANSYAH LUBIS_20010064_BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (12MB) | Request a copy
WILLY AKMANSYAH LUBIS_20010064_BAB V.pdf - Published Version
Download (580kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui proses pembelajaran sebelum dan sesudah penggunaan e-komik melalui flipbuilder, untuk mengetahui validitas e-komik melalui flipbuilder, Untuk mengetahui praktikalitas e-komik melalui flipbuilder pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI terkait materi peradaban Islam pada masa Daulah Usmani di MAN 2 Mandailing Natal. Metode Pengembangan yang dilakukan menggunakan prosedur model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) and Evaluation (evaluasi). Subjek uji coba penelitian yaitu peserta didik kelas XI-Agm-Abu Bakar MAN 2 Mandailing Natal yang berjumlah 34 peserta didik tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen data kebutuhan yang terdiri dari pedoman observasi dan wawancara, instrumen validitas dan instrumen praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan analisis data kebutuhan, analisis validitas dan analisis praktikalitas. Hasil validasi yang diperoleh dari validator media dan validator materi terbagi dua, yaitu untuk hasil validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tergolong sangat valid dengan persentase mencapai 83,68%, Sedangkan hasil validasi e-komik melalui flipbuilder tergolong sangat valid dengan persentase mencapai 82,75%. Kepraktisan e-komik melalui flipbuilder yang digunakan berdasarkan hasil pengisian lembar respon guru pengampu mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, hasil persentase yang diperoleh mencapai 86,25% yang tergolong sangat praktis. Sedangkan untuk pengisian respon peserta didik dari 34 peserta didik kelas XI-Agm-Abu Bakar terhadap kepraktisan e-komik melalui flipbuilder yang digunakan memperoleh hasil persentase mencapai 91,14% tergolong sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-komik; Flipbuilder; Minat Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sarah Wulan Dari |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 08:09 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 08:02 |
URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/212 |