Wulandari, Sopia (2024) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS (STEAM) DENGAN BUKU POP UP PADA KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI RA DARUL ULUM PADANGSIDIMPUAN. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.

[thumbnail of SOPIA WULANDARI_20030044_COVER - BAB I.pdf] Text
SOPIA WULANDARI_20030044_COVER - BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of SOPIA WULANDARI_20030044_BAB II-BAB IV.pdf] Text
SOPIA WULANDARI_20030044_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SOPIA WULANDARI_20030044_BAB V.pdf] Text
SOPIA WULANDARI_20030044_BAB V.pdf - Published Version

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan perlu adanya optimalisasi pada kemampuan kreativitas peserta didik di RA Darul Ulum Padangsidimpuan, yang disebabkan oleh terbatasnya variasi penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan proses pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (STEAM) dengan menggunakan média buku pop up guna meningkatkan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan Alat Permainan Edukatif (APE) berupa buku pop up, memahami karakteristiknya, menguji kepraktisan, dan memastikan keefektifannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta instrumen angket yang diberikan kepada validator dan pendidik Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran berbasis STEAM dengan buku pop up yang dikembangkan menggunakan model ADDIE berbasis langkah-langkah STEAM, layak dan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. (2) Karakteristik pembelajaran berbasis STEAM dengan buku pop up memiliki ciri- ciri sederhana, menarik, menyenangkan, mudah digunakan, dan mampu meningkatkan perkembangan peserta didik. Buku panduan yang dikembangkan juga memudahkan guru dalam menggunakan buku pop up tersebut. (3) Kepraktisan penggunaan buku pop-up dinilai sangat valid dengan persentase 88%, sedangkan buku panduan dianggap sangat praktis dengan persentase 90%. (4) Keefektifan pembelajaran berbasis STEAM dengan buku pop-up efektif digunakan, terbukti dari nilai persentase 90% yang menunjukkan bahwa buku pop up sangat valid dalam memfasilitasi pemahaman konsep-konsep pembelajaran untuk anak usia dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran STEAM; Kreativitas; Buku Pop Up; Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Sarah Wulan Dari
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:56
Last Modified: 09 Sep 2024 08:10
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item
View Item