Syafitri, Roudhoh (2023) PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN BANDREK UD. NASUTION DI HUTA SIANTAR KECAMATAN PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal.
ROUDAH SYAFITRI_19090038_MBS_COVER-BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB)
ROUDAH SYAFITRI_19090038_MBS_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
ROUDAH SYAFITRI_19090038_MBS_BAB V.pdf - Published Version
Download (447kB)
Abstract
Kegiatan promosi merupakan tujuan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat produk dan sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaaan jasa sesuai dengan kebutuhan. Tanpa promosi pelanggan tidak dapat mengenal produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, oleh karena itu promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi, untuk mengetahui tingkat penjualan dan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap peningkatan penjualan bandrek UD.Nasution Huta Siantar Kecamatan Panyabungan Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini 15 konsumen pada saat peneliti melakukan penelitian. Sampel penelitian adalah seluruh populasi berjumlah 15 konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi dari ke 5 indikator tersebut pada indikator promosi penjualan pada kategori baik karena perusahaan dalam memberikan promosi masih berjalan dengan sangat baik sehingga konsumen merasa terpuaskan dan ingin membeli kembali. Peningkatan penjualan pada usaha bandrek UD.Nasution yang dilihat dari dari ke 3 indikator tersebut pada indikator mendapatkan laba kategori baik, hal ini berarti bahwa peningkatan penjualan memenuhi pendapatan usaha UD.Nasution.Berdasarkan hasil pengujian signifikansi parsial (uji-t) bahwa nilai thitung promosi sebesar 2,834 > ttabel 1,771 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000< 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara promosi terhadap peningkatan penjualan dengan nilai R Square sebesar 0,259 atau sebesar 25,9% yang artinya variabel X (promosi) dapat mempengaruhi variabel Y (penjualan) sebesar 25,9% dan sisanya 74,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi; Peningkatan Penjualan |
Subjects: | Manajemen Binis Manajemen Binis > Pemasaran |
Divisions: | Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Hanan Azhari Hasibuan |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:17 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:17 |
URI: | https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/191 |