Ulum, Bahrul (2023) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN KIPANG USAHA DAGANG DIAN DI KECAMATAN PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, STAIN Mandailing Natal.

[thumbnail of BAHRUL ULUM_19090010_MBS_COVER-BAB I.pdf] Text
BAHRUL ULUM_19090010_MBS_COVER-BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAHRUL ULUM_19090010_MBS_BAB II-BAB IV.pdf] Text
BAHRUL ULUM_19090010_MBS_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (988kB) | Request a copy
[thumbnail of BAHRUL ULUM_19090010_MBS_BAB V.pdf] Text
BAHRUL ULUM_19090010_MBS_BAB V.pdf - Published Version

Download (598kB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan suatu strategi yang digunakan dalam kegiatan pemasaran dimana di dalamnya meliputi suatu perencanaan yang terpadu, menyeluruh, dan menyatu, sehingga menghasilkan sebuah panduan berupa kegiatan apa saja yang perlu dilakukan sehingga tujuan pemasaran dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap penjualan kipang Usaha Dagang Dian di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing NataL untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan Usaha Dagang Dian di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan uji validitas, ujireliabilitas, uji persyaratan analisis dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini 80 konsumen yang datang ke Usaha Dagang Dian pada saat peneliti melakukan penelitian. Sampel penelitian adalah seluruh populasi berjumlah 80 konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) strategi pemasaran pada usaha kipang UD. Dina yang dilihat dari 4 indikator yaitu produk, harga, tempat dan promosi dengan pengukuran menggunakan skala likert. Dari ke 4 indikator tersebut pada indikator harga kategori baik karena harga yang diberikan perusahaan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat sehingga konsumen merasa terpuaskan dan ingin membeli kembali, hal ini berarti bahwa harga bagi konsumen sudah ditetapkan dan terencana dengan baik oleh perusahaan, 2) Berdasarkan hasil pengujian signifikansi parsial (uji-t) bahwa nilai thitung promosi sebesar 35,794 > ttabel 1,664 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000< 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara strategi pemasaran terhadap penjualan dengan nilai R Square sebesar 0,943 atau sebesar 94,3% yang artinya variabel X (strategi pemasaran) dapat mempengaruhi variabel Y (penjualan) sebesar 94,3% dan sisanya 5,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Penjualan
Subjects: Manajemen Binis
Divisions: Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Hanan Azhari Hasibuan
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:20
Last Modified: 21 Nov 2024 04:20
URI: https://repository.stain-madina.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item
View Item